Diskusi

INOVASI DAN PERUBAHAN ORGANISASI 01

MAPU 5104.01

Jawaban .

1. Pengertian organisasi sangat beragam sebagaimana disebutkan oleh para ahli, namun jika disimpulkan secara sederhana bahwa organisasi merupakan “usaha sekelompok orang” bersama –sama melakukan kegiatan untuk mencapai “tujuan”. Jadi ada 3 (tiga) indikator yaitu (1) Sekelompok orang, (2) Kegiatan bersama, (3) Tujuan yang hendak dicapai.

Hal ini dapat dilihat pengertian dari beberapa ahli antara lain :

  1. James D. Mooney (The Liang Gie, 1979, 14 dalam Sudarsono,dkk, 2009, 1.13) menyebutkan :”….sebagai bentuk daripada perserikatan manusia untuk pencapaian tujuan bersama…”
  2. “….organisasi dianggap seperti mesin, yaitu organisasi yang beroperasi secara rutin (berulang), efisien, reliable, dan dapat diprediksi” (Gareth Morgan, Images of Organization (California, Sage Publications, 1986).   h. 22.; dalam Sejarah Perkembangan Organisasi, Materi Tuton, 1;download 6 Feb’ 2013)


Perkembangan organisasi tidak terlepas juga dari aliran – aliran organisasi itu sendiri yang tidak jarang lahirnya aliran tersebut dilandasi oleh faktor lingkungan baik secara sosial, budaya dan pola kehidupan masyarakat setempat. Teori – teori aliran Organisasi antara lain :

1. Teori Organisasi Aliran Klasik.

Didalam teori ini organisasi dijalankan secara tradisional, memiliki sifat tersentralisasi, dan tugas dijalankan secara spesifik.

2. Teori Organisasi Aliran Neo Klasik.

Dalam teori ini terjadi pembaharuan dari teori klasik yaitu adanya keterlibatan aspek psikologi dan sosial didalam hubungan organisasi.

3. Teori Organisasi Modern

Organisasi bukanlah sesuatu yang tertutup, namun merupakan sesuatu yang bersifat terbuka dimana harus mampu beradaptasi dan mampu menyesuaikan dengan perubahan lingkungan. Organisasi menjadi bersifat fleksibel.

(Sumber : http://armandjexo.blogspot.com/2012/08/teori-organisasi-klasik-neoklasik-dan.html, 12 Feb’ 2013 )

Proses perkembangan organisasi saat ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan  bernuansa  teknologi dan pelaksanaan otonomi daerah dimana cukup berpengaruh dalam pembentukan dan pola atau sistem dalam organisasi. Mekanisme pembentukan dan operasional organisasi sudah lebih canggih dan komunikasi  lebih cepat. Hal – hal birokrasi yang tidak jarang melibatkan banyak materi dan menyita waktu sudah dapat diatasi dengan kemajuan teknologi. Hal ini dapat dibuktikan sebagai contoh :

  1. Undangan tertulis sudah banyak digantikan dengan SMS, dengan dasar pemikiran untuk menpercepat informasi
  2. Pengumuman yang bersifat spesifik atau umum disampaikan melalui SMS, tidak lagi atau sudah jarang menggunakan papan pengumuman

Ketergantungan terhadap teknologi menjadi tinggi, arsip keanggotaan dan mekanisme operasional lebih mengandalkan pada teknologi, sehingga perilaku ketergantungan terhadap teknologi terbentuk secara pelahan namun pasti.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor lingkungan amat penting dalam mempengaruhi perkembangan organisasi dimana mekanisme yang bersifat konvensional akan ditinggal secara perlahan dan diganti dengan cara – cara yang berbasis IT yang merupaka sebuah lingkungan baru.

2. “Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.[1]      (Inggris)Mitchell, T. R. Research in Organizational Behavior. Greenwich, CT: JAI Press, 1997, hal. 60-62.; http://id.wikipedia.org/wiki/Motivasi#cite_note-pengertian-1)

Motivasi juga dapat diartikan sebagai alasannyang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu (Abraham Maslow, dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Motivasi#cite_note-pengertian-1)

Dari dua pengertian tersebut diatas jelaslah bahwa dalam menggerakan manajemen dan organisasi unsur motivasi sangat penting dan sangat diperlukan untuk lebih meningkatkan kinerja organisasi dalam mencapai tujuan. Motivasi merupakan upaya – upaya yang dilakukan untuk membangkitkan semangat, mendorong bahkan menciptakan fanatisme dimana didalam pelaksanaannya lebih menggunakan pendekatan verbal persuasif.

Satu Tanggapan

  1. […] Diskusi […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: