SM-3T

Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T)

Kabupaten Sumba Timur merupakan salah satu sasaran pelaksanaan program Kemendikbud di pehujung tahun 2011 yaitu Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3T). Perserta SM-3T yang  didistribusikan ke Kabupaten Sumba Timur berasal dari 2 (dua) Perguruan Tinggi Negeri  yaitu Peserta SM-3T UNESA sebanyak 241 orang dan UNM sebanyak 76 orang. Peserta yang merupakan Sarjana Pendidikan dari berbagai disiplin ilmu untuk jenjang SD dan SMP dan sebagian SMA telah terserap seluruhnya di Kabupaten Sumba Timur.

Sebagai Unit Sekolah Baru (USB) SMP Negeri 1 Kanatang juga memperoleh distribusi tenaga SM-3T sebanyak 4 orang Guru Mata Pelajaran yaitu Bahasa Inggris, Penjaskes, IPA Biologi dan Bimbingan Konseling masing-masing 1 (satu) orang,  terdiri dari 3 orang guru perempuan dan 1 orang guru laki-laki.

Info yang dikutip dari sumber UNESA, sebagaimana tertera dibawah ini :

Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia
Guru Muda Program SM-3T Unesa Siap Majukan Pendidikan
Jumat, 9 Desember 2011 | 690 pembaca

Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) merupakan salah satu Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia yang ditujukan kepada para Sarjana Pendidikan untuk mengajar di daerah 3T selama satu tahun. Para peserta SM-3T Unesa mengikuti penutupan Prakondisi dan Pelepasan peserta SM-3T di Auditorium Rektorat Unesa lantai 3 pada Sabtu (3/12).

Kegiatan penutupan itu diikuti 241 peserta SM-3T dari berbagai universitas di Indonesia yang mendaftra di Unesa, di antaranya Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Makasar (UNM), IKIP Budi Utomo Mataram, Universitas PGRI Adi Buana (Unipa), Universitas Flores, Universitas Negeri Malang (UM), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, STKIP Bima, NTB. Mereka merupakan Sarjana Pendidikan, kecuali yang dari ITS, namun demikian ia telah mempunyai akta mengajar.

Dalam sambutannya, Rektor Unesa, Prof. Dr. H. Muchlas Samani, mengatakan, “Guru-guru muda yang dikirim nantinya diharapkan tidak hanya menjadi guru di sekolah, tapi juga menjadi guru di masyarakat.” …………………….

http://www.unesa.ac.id/berita/201112100003/guru-muda-program-sm3t-unesa-siap-majukan-pendidikan.htmlmba

Latar Belakang

Sumber : http://ksg.dikti.go.id/majubersama/sejarah/

Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan wilayah yang luas dan secara geografis maupun sosiokultural sangat heterogen, pada beberapa wilayah peyelenggaraan pendidikan masih terdapat berbagai permasalahan, terutama pada daerah yang tergolong terdepan, terluar, dan tertinggal (daerah 3T).

Beberapa permasalahan penyelenggaraan pendidikan, utamanya di daerah 3T antara lain adalah permasalahan pendidik, seperti kekurangan jumlah (Shortage), distribusi tidak seimbang (unbalanced distribution), kualifikasi di bawah standar (under qualification), kurang kompeten (low competencies), serta ketidaksesuaian antara kualifikasi pendidikan dengan bidang yang diampu (mismatched). Permasalahan lain dalam penyelenggaraan pendidikan adalah angka putus sekolah juga masih relatif tinggi, sementara angka partisipasi sekolah masih rendah.

Sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia peningkatan mutu pendidikan di daerah 3T perlu dikelola secara khusus dan sungguh-sungguh, utamanya dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, agar daerah 3T dapat segera maju bersama sejajar dengan daerah lain. Hal ini menjadi perhatian khusus Kementerian Pendidikan Nasional, mengingat daerah 3T memiliki peran strategis dalam memperkokoh ketahanan nasional dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional dalam rangka percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T, adalah Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia. Program ini meliputi (1) Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi dengan Kewenangan Tambahan (PPGT), (2) Program Sarjana Mendidik di Daerah 3T (SM-3T), (3) Program Kuliah Kerja Nyata di Daerah 3T-dan PPGT (KKN-3T PPGT), (4) Program Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Kolaboratif (PPGT Kolaboratif), (5) Program S-1 Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan (S-1 KKT). Program-program tersebut merupakan jawaban untuk mengatasi berbagai permasalahan pendidikan di daerah 3T.

Program SM-3T sebagai salah satu Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia ditujukan kepada para Sarjana Pendidikan yang belum bertugas sebagai guru, untuk ditugaskan selama satu tahun pada daerah 3T. Program SM-3T dimaksudkan untuk membantu mengatasi kekurangan guru, sekaligus mempersiapkan calon guru profesional yang tangguh, mandiri, dan memiliki sikap peduli terhadap sesama, serta memiliki jiwa untuk mencerdaskan anak bangsa, agar dapat maju bersama mencapai cita-cita luhur seperti yang diamanahkan oleh para pendiri bangsa Indonesia.

Program SM-3T adalah Program Pengabdian Sarjana Pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T selama satu tahun sebagai penyiapan pendidik profesional yang akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru

 

Tujuan

  1. Membantu daerah 3T dalam mengatasi permasalahan pendidikan terutama kekurangan tenaga pendidik.
  2. Memberikan pengalaman pengabdian kepada sarjana pendidikan sehingga terbentuk sikap profesional, cinta tanah air, bela negara, peduli, empati, terampil memecahkan masalah kependidikan, dan bertanggung jawab terhadap kemajuan bangsa, serta memiliki jiwa ketahanmalangan dalam mengembangkan pendidikan pada daerah-daerah tergolong 3T.
  3. Menyiapkan calon pendidik yang memiliki jiwa keterpanggilan untuk mengabdikan dirinya sebagai pendidik profesional pada daerah 3T.
  4. Mempersiapkan calon pendidik profesional sebelum mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Ruang Lingkup

  1. Melaksanakan tugas pembelajaran pada satuan pendidikan sesuai dengan bidang keahlian dan tuntutan kondisi setempat.
  2. Mendorong kegiatan inovasi pembelajaran di sekolah.
  3. Melakukan kegiatan ekstra kurikuler.
  4. Membantu tugas-tugas yang terkait dengan manajemen pendidikan di sekolah.
  5. Melakukan pemberdayaan masyarakat untuk mendukung program pembangunan pendidikan di daerah 3T.
  6. Melaksanakan tugas sosial kemasyarakatan.

Satu Tanggapan

  1. […] yang dikutip dari sumber UNESA, CLICK HERE Share this:StumbleUponDiggRedditLike this:SukaBe the first to like this post. Tag:Sarja, SM-3T, […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: