Air Irigasi Meluap


4 RUMAH DI KAMBANIRU TERENDAM AIR IRIGASI

Genangan air Irigasi di jalan

Genangan air Irigasi di jalan

Kambaniru, 23 Agustus 2009
4 buah rumah di jl. U. Taranggaha, kel. Kambaniru pada hari Minggu pagi terendam air dari saluran irigasi. Hal ini terjadi diperkirakan karena saluran irigasi tidak berfungsi secara maksimal, ketinggian saluran yag tidak merata juga tumpukan sampah mengakibatkan air tersumbat dan berbalik arah menggenangi pemukiman masyarakat sekitar. Kejadian ini bukanlah yang pertama, sudah sering terjadi dan sudah diinformasikan kepada pihak – pihak terkait, namun belum ada respon yang positifsebagai tindak lanjut. Kejadian pada hari Minggu pagi ini yang paling parah dimana berawal dari saluran irigasi di jalan Tompela sebelah barat pada bagian menuju saluran pembuangan terjadi sumbatan karena tumpukan sampah sehingga air meluap sampai kejalan raya dan halaman rumah warga. Luapan air tersebut menuju kelahan diseberang jalan yang memiliki ketinggian dibawah saluran irigasi, maka tidak dapat dihindarkan lagi air menggenangi rmah di seberang jalan yang mana ketinggian air sampai

Rumah warga yang tergenang

Rumah warga yang tergenang

mencapai bibir pintu masuk rumah warga. Walau sudah ada saluran irigasi permanen pada kenyataan masih ada beberapa bagian sawah garapan yang belum bisa menikmati pembagian air secara merata sehingga ada sebagian petani yang rugi karena bibit yang ditanam tidak dapat tumbuh secara maksimal, disisi lain kelebihan air sampai meluap ke pemukiman penduduk sekitar.
Apabila hal ini tidak segera diatasi dapat dipastikan kerugian dipihak masyarakat akan bertambah, bukan hanya lahan garapan yang tidak menghasilkan, bangunan rumah tinggalpun akan menjadi sasaran kerusakan berikut karena tingkat kelembaban dan kandungan air tanah sudah merembes sampai ke pondasi dan diding rumah.

Genangan air kelilingi rumah warga

Genangan air kelilingi rumah warga

Tanpa maksud untuk mencari kesalahan siapa, kiranya informasi ini dapat menggugah kita semua, baik para pengguna air irigasi dapat mengatur dan membagi penggunaan air sesuai dengan kebtuhan dan disepakati bersama, juga bagi masyarakat bukan pengguna air irigasi namun salran melintasi arealnya ikut bersama – sama menjaga agar saluran air dapat mengalir dengan lancar, dan khususnya bagi pihak – pihak terkait yang berwenang dapat memberikan perhatian khusus agar proyek yang dibangun dapat memberi manfaat bagi masyarakat secara maksimal bukan sebaliknya.
Syaloom

Satu Tanggapan

  1. Di tempat lain malah banyak yg kekeringan..😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: