Newsletter dari Portal Komunitas Orang Sumba


Imigran Gelap Afganistan Terdampar di Waingapu

Kontributor: Admin
Rabu, 10 Juni 2009 00:26
Waingapu.Com – Polres Sumba Timur, hari Rabu, 3 Juni 2009 sekitar pukul 09.00 Wita mengamankan 65 imigran asal dua negara, Pakistan dan Afganistan dan langsung dibawa ke Mapolres Sumba Timur di Karinding.

Imigran tersebut diamankan setelah kapal motor Putera Negara asal Bima-NTT yang mereka tumpangi terdampar di pantai Maukawini Desa Lambakara Kecamatan Pahunga Lodu karena mesinnya mengalami kerusakan.

Dari keterangan yang kami peroleh, imigran asal dua negara ini meninggalkan negaranya karena persoalan politik dan ekonomi. Tujuan mereka ke Australia. Hanya satu orang yang mengantongi paspor dan itupun sudah habis masa berlakunya.

Salah satu imigran asal Afganistan mengaku, mereka menumpang kapal tersebut dari Bima tanggal 26 Mei lalu dan sempat singgah di Singaraja-Bali sebelum akhirnya terdampar di pantai Maukawini-Pahunga Lodu.

Menurut pengakuan mereka,”Per orang kami membayar 1000 sampai 3000 US Dolar. Kami dijanjikan dapat makan dan minum selama dalama di atas kapal. Tapi kadang makan, kadang juga hanya sekali makan dan sering juga tidak dikasih makan cuma air saja,” katanya dengan mimik wajah sedih.

“Kalau kami di deportasi ke negara asal, kami pasti dibunuh karena aturan hukum disana (Pakistan, red). Kami terdampar di pantai itu (Maukawini, red) karena satu dari tiga mesin kapal yang mengangkut kami rusak”, lanjutnya dalam bahasa Indonesia yang terputus-putus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: